Jumat, 09 November 2012

MAKALAH SEJARAH INTERNET



TUGAS MAKALAH TENTANG SEJARAH INTERNET
Di Susun Oleh : Sakaria Hontong
Kelas              : 9.B




KATA  PENGANTAR
Teknologi pada masa kini sangat berkembang pesat sehingga menjadi topik makalah pada tugas saya ini . Dalam  makalah  ini  kami  akan  membahas  masalah  teknologi yaitu internet
Semoga  makalah  ini  bermanfaat  untuk  memberikan informasi kepada  siswa SMPN NEG  10 MDO.  Dan  tentunya  makalah  ini  masih  sangat  jauh  dari sempurna.  Untuk  itu  kepada guru bidang study T I K  agar minta  masukannya  demi perbaikan  pembuatan  makalah  ini di masa yang  akan  datang.
Manado,  09  November  2012
Kata Pengantar......................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................ ii           
BAB 1.........................................................................................................
PENDAHULUAN........................................................................................ 1
1.1 Latar Belakang........................................................................... 1
1.2 Maksud dan Tujuan................................................................... 1
BAB 2.........................................................................................................
PEMBAHASAN............................................................................................
2.1 Pengertian Dasar Internet dan Intranet...................................... 2
2.2 Layanan Internet....................................................................... 4
2.3 Manfaat Internet serta kekurangan........................................... 7
2.4 Undang-Undang dan tata  tertib internet................................... 9
BAB 3.........................................................................................................
PENUTUP....................................................................................................
3.1 Kesimpulan........................................................................... ..10
3.2 Sumber Referensi.................................................................. ..10
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang, tidak menutup kemungkinan setiap jam dan menit teknologi baru muncul dengan kelebihan dan keunggulan yang berbeda satu sama lain atau mungkin saling melengkapi dan menutupi kekurangan yang ada. Dengan adanya internet merupakan salah satu bentuk teknologi yang seharusnya dapat memotivasi sekaligus memberikan inspirasi untuk menghasilkan kreasi yang bermanfaat. Setiap informasi yang dibutuhkan (yang terkait) dapat dengan cepat diperoleh hanya dengan mengetikan kata kuncinya dengan tepat. Permintaan informasi dari client kepada server langsung disajikan dengan data-data yang terkait pada database yang ada. Apakah sebenarnya itu internet dan bagaimana prosesnya ?. Inilah hal yang sering dilupakan oleh para peselancar dunia maya   ( Internet ).

1.2            Maksud dan tujuan
-      Memberikan gambaran pengertian internet dan intranet
-      Memperlihatkan contoh layanan internet
-      Menjelaskan manfaat internet serta kekurangannya
-      Menjelaskan tata-tertib dan undang-undang internet




                       BAB 2 ( PEMBAHASAN )


2.1 Pengertian Dasar Internet dan Intranet


Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP,UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH,Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

       
          Internet sangat populer , khususnya di kalangan generasi muda . internet mudah digunakan siapa pun, bahkan mereka yang hanya memilliki pengetahuan relatif minim .orang–orang menggunakan internet untuk mengirim surat (e-mail ) , ajang gaul yang murah ,mencari informasi (browsing ), dan juga untuk  berbisnis .
        Internet telah di ciptakan pada tahun 1970-an, internet ini terus memika untuk diekplorasi, digali,serta dikembangkan oleh para ahli dan pemerhati teknologi   Internet atau Interconnected Network adalah suatu jaringan computer yang lain saling terhubung satu dengan yang lain untuk keperluan komunikasi dan informasi .atau sering juga juga diartikan sebagai jaringan computer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai media komunikasi dat yang berupa suara , gambar, video, dan teks .informasi ini dibuat oleh pemilik jaringan komputer yang menitipkan kepada penyedia layanan internet .

Intranet adalah jaringan komputer  dan digunakan oleh suat
Contohnya yang ada di Indonesia yaitu PT Telkom .Jadi intranet berfungsi mengomunisasikan komputer satu dengan yang lain seperti  tapi layanannya terbatas , tidak seluas dan seberagam internet .

         Definisi lain dari intranet adalah jaringan komputer dengan layanan seperti internet,tetapi memiliki status lokal . Biasa juga disebut sebagai LAN (Lokal Area Network ) manfaat intranet antara lain akses informasi menjadi lebih cepat, dapat tukar-menukar data, komunikasi menjadi lebih lancar, serta mendukung perwujudan paperless ( penyelesaian pekerjaaan tanpa kertas ).
Manfaat penggunaan intranet LAN di perusahaan sangat berguna karena semua informasi yang ada di perusahaan itu dapat diketahui dengan mudah dan cepat . Dapat juga menggunakan fasilitas e-mail lokal yang dapat mengefisiensi keuangan dari perusahaan karena tdk lagi banyak menggunakan kertas.

2.2             Layanan di Internet
 Layanan internet itu sangat beragam dan masing-masing layanan memiliki kekhasan dan fungsi tersendiri .


A.    Surat Elektronik ( E-mail )
Surat elektronik (electronic mail )yang lebih dikenl dengan e-mail yang sekarang di ketahui hampir semua generasi muda yang merupakan layanan internet untuk surat-menyurat dalam bentuk elektronik . E-mail ini tdk berbeda kalau mengirim surat biasa, karena kita dapat mengirim dalam bentuk file dokumen, gambar, dan juga pesan singkat dengan biaya yang sangat murah karena tdk menghitung bobot surat yang di kirim.

Alamat e-mail pengakses dilengkapi kotak surat elektronik yang dapat menampung banyak surat yang diterima . Pengguna e-mail ini sangat terjamin  karena dilindungi oleh password ( kata kunci ) yang hanya diketahui oleh pemiliknya ( kecuali jika ada orang lain yang mengetahui ). E-mail ini sangat murah dan cepat dengan adanya e-mail ini para pengguna dapat mengakses dan berkomunikasi dengan sahabatnya di mana pun berada . Hanya hitungan detik, surat yang ditulis dapat diterima ke kotak surat elektronik yang dituju .

·        Layanan Multimedia
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun
Berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui programpengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian,Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.


   Salah satunya layanan multimedia  internet yaitu World Web Wide (WWW)  merupakan aplikasi internet yang paling diminati pengakses. WWW disukai karena mencakup sumber daya multimedia, antara lain suara, gambar, dan animasi.

Oleh karena itu, aplikasi demikian menjadi semacam sarana untuk menyajikan informasi yang interaktif dan aktraktif.
Tetapi akhir – akhir ini sering disebut dengan web .Selain itu masyarakat , sekolah, lembaga, dan berbagai perusahaan menyajikan informasi - informasi yang penting untuk diketahui oleh pengguna internet lainnya.

2.3 Manfaat Internet serta Kekurangannya
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.
Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam

2.4 Undang-Undang dan tata tertib internet
Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya.Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, danpernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.
Tata tertib internet sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.
Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

BAB 3 ( PENUTUPAN )
3.1 Kesimpulan

               Dalam makalah ini saya sapat menyimpulkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari Teknologi sangat di butuhkan untuk kehidupan manusia di masa depan. Begitu pula dengan adanya  internet yang seharusnya dapat memberikan inspirasi untuk menghasilkan kreasi yang bermanfaat. Setiap informasi yang dibutuhkan (yang terkait) dapat dengan cepat diperoleh hanya dengan mengetikan kata kuncinya dengan tepat.Jadi internet ini sangat berguna untuk mencari informasi yang cepat dan memiliki beragam kelebihan dan kekurangan .
   
3.2 Sumber Referensi
http://sakariahontong.blogspot.com



Ambil dan *PRINT*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar